Matematika GASING adalah pelajaran matematika dengan metode GAmpang aSyIk dan menyenaNGkan, GASING sendiri diciptakan oleh Prof. Yohanes Surya, Ph.D, beliau mendapatkan matematika gasing setelah berkelana menuntut ilmu di beberapa negara eropa. dan sekembalinya dari sana beliau mambawakan oleh-oleh untuk bangsa, negara dan tanah air kita ini, sebuah pendidikan matematika dan sains untuk menjadikan negara tercinta ini lebih baik, lebih pintar, lebih cerdas, dan yang pasti untuk menjadikan negara kita lebih maju dan berkembang.
Apakah matematika GASING itu?.............
Menurut saya :
Matematika GASING adalah sebuah pembelajaran matematika dimana semua metodenya menjadi dipermudah dan singkat dengan banyak menggunakan logika karena penghitungannya dimulai dari depan dan banyak mencongak, dengan pemahaman angka antara angka nyata (real) dan angka tidak nyata (abstrak) maka dari situlah seorang anak/murid akan mengerti/paham dan senang untuk belajar penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pecahan, dan sebagainya.
Karena singkat, pelajaran kurikulum SD yang semestinya 6 Tahun. Dapat dipelajari selama 6 Bulan saja dan bisa kerjakan soal UAN tingkat SD dan lulus dengan nilai yang sangat baik.
Inilah Dasar GASING untuk tingkat SD
Pengenalan angka...................?
Sebelum kita belajar banyak mengenai berhitung sebaiknya kita kenalkan angka-angka terlebih dahulu kepada anak-anak tersebut atau kepada yang di ajarkan karena itu hal terpenting dalam berhitung, jika sudah mengenal berarti bagus tinggal langsung mengajarkan penjumlahan dan lain-lain, sebab tanpa mengenal angka mereka takkan bisa berhitung, kenalkan angka-angka tersebut sebaik mungkin agar jelas dan yakin bahwa mereka tahu apa itu angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, dan seterusnya, dengan demikian murid akan menghitung angka-angka bukan menerka-nerka hasil dari perhitungan soal-soal yang akan kita berikan kepada mereka, cara mengenalkan angka bisa kita lakukan dengan banyak hal atau cara, misalkan adalah pengenalan ANGKA mulai dari 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, dan seterusnya, untuk angka 0 (nol) tidak perlu dikenalkan nanti mereka akan mengerti sendiri karena angka 0 (nol) adalah tidak ada bilangan, berbeda dengan angka 10 (sepuluh) 1 (astu) dan 0 (nol) ada bilangan di dalamnya dan lebih banyak dari angka 9 (sembilan), kenalkan angka-angka tersebut dengan banyak cara dengan tulisan atau abstrak (tidak nyata) contoh (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, dan seterusnya,) kemudian tunjukan angka-angka real (nyata) misalkan dengan banyaknya gambar-gambar buah seperti, gambar empat buah apel dan itu adalah banyaknya bilangan yang menunjukan angka 4 (empat), gambar binatang seperti empat ekor bebek dan itu adalah banyaknya bilangan yang menunjukan angka 4 (empat) , atau dengan buah-buahan aslinya misalknya tunjukan empat buah apel atau jeruk untuk menunjukan bilangan angka 4 (empat), dan dengan banyaknya jari tangan anda, kemudian tunjukan dengan beberapa cara untuk angka 2 (dua) dengan jari tangan anda, dari banyaknya cara yang ditunjukan maka mereka akan tahu dengan sendirinya mengenai angka yang dimaksud dan tahu sedikit mengenai penjumlahan lihat gambar di bawah ini.
Pasangan Angka / 10.
Belajar menjumlahkan dengan gasing, sebelum kita menjumblahkan kita harus terlebih dahulu menghapal pasangan 10 (sepuluh), yaitu berapa ditambah berapa samadengan sepuluh (...?...+...?...=10) dan angka itu adalah :
- Pasangan 10 ( Sepuluh ) Hanya berlaku di indonesia
- ( 1 + 9 = 10 ) Satu dan Sembilan. Initials ( S dan S )
- ( 2 + 8 = 10 ) Dua dan Delapan Initials ( D dan D )
- ( 3 + 7 = 10 ) Tiga dan Tujuh Initials ( T dan T )
- ( 4 + 6 = 10 ) Empat dan Enam Initials ( E dan E )
- ( 5 + 5 = 10 ) Lima dan Lima Initials ( L dan L )
Untuk memudahkan penghafalan pasangan angka / 10 yang pertama dapat dilakukan dengan cara mengingat/ penghafalan INITIAL (S = S, D = D, T = T, E = E, L = L) yang kedua caranya adalah dengan mengajak langsung murid menyebut kan lawan dari pasangan yang anda sebutkan misalkan anda menyebutkan angka satu berarti simurid akan menyebutkan pasangan dari satu yaitu sembilan, dan lanjutkan dengan angka yang lain secara acak dan sebutkan berulang-ulang ( dril ) dan acak sampai ingat, dijamin 10 menit ingat.
Fungsi dari pasangan 10 ini adalah untuk memudahkan murid dalam perhitungan penjumlahan atau pengurangan.
Casino Games | DrmCD
ReplyDeleteCasino Games. With more than a thousand slots and table 김해 출장안마 games, the casino has all you 세종특별자치 출장안마 need for a 밀양 출장마사지 good 서귀포 출장안마 time. Enjoy casino games online, right here! 용인 출장마사지 With